SPSS versi 23



Statistical Package for the Social Sciences
SPSS software pada awalnya dimiliki oleh perusahaan SPSS Inc. Namun pada tahun 2009 hingga saat ini, SPSS telah diakuisisi oleh perusahaan IBM. Maka versi terbaru dari SPSS telah berubah menjadi IBM SPSS. pada tahun 2016, versi terbaru dari SPSS adalah IBM SPSS versi 23.

SPSS sering digunakan dalam penelitian untuk olah dan analisis statistik. Banyak sekali analisis yang dapat dikerjakan dengan aplikasi tersebut, antara lain: Uji deskriptive, Regresi Linear, Regresi Logistik, Analisis Faktor, Uji Normalitas, Uji F dan Uji T, Independent T Test, ANOVA, MANOVA, ANCOVA, Uji Non Parametris yang banyak sekali macamnya seperti Mann Whitney U Test, wilcoxon signed rank test, spearman, kendall tau, dll.

Bahkan dapat juga digunakan untuk pembuatan grafik, seperti Histogram, Normal PP, Detrend PP, Boxplot, dll. Untuk uji instrumen atau uji validitas dan uji reliabilitas, SPSS juga dapat melakukannya dengan fitur yang lengkap.

SPSS memiliki sistem database tersendiri dan dapat dijalankan atau dihubungkan dengan aplikasi lainnya, semisal aplikasi excel. Hal ini sangat dimungkinkan bagi para pengguna, sebab database SPSS termasuk dalam golongan ODBC, sehingga dapat dijalankan perintahnya atau dihubungkan dengan berbagai macam aplikasi yang berbasil SQL.

spss 32 bit
spss 64bit

                                          perlu SN? tinggalkan pesan di comment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages