Sebuah Mesjid Agung di Kota Garut

dok. pribadi
Saya perkenalkan kepada anda semua sebuah spot dari bagian administratif Kabupaten Garut, Hampir disetiap kota di Indonesia sebuah desain unik memiliki keseragaman ciri yang dapat dengan mudah kita kenali. seperti letak posisi strategis di tengah kota yang biasa kita sebut dengan "Alun-alun", jika diperhatikan desain tata ruangnya disekitar Alun-alun akan dikepung dengan bangunan publik dan pemerintahan, seperti: Gedung Pendopo, Lembaga pemasyarakatan dan Mesjid Agung. begitupun yang saya perhatikan di kota Garut, yang menjadi perhatian saya adalah sebuah bangunan megah tempat ibadat Umat Islam yaitu Mesjid Agung Garut,

Masjid agung Garut terletak di Jl. Ahamd Yani Garut sebelah utara Alun-alun Garut. Menempati lahan yang luasnya sekitar 4.480 m2.Mesjid ini menjadi mesjid utama di kabupaten Garut serta menjadi pusat semua kegiatan keagamaan Islam di kota Garut. Dahulunya antara mesjid dan alun-alun dipisahkan oleh jalan Alun-alun Barat. Saat ini jalannya dihilangkan sehingga mesjid menjadi satu dengan alun-alun.

Pembangunan mesjid agung Garut tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan kabupaten Garut. Berdasarkan catatan sejarah, pada tanggal 15 September 1813 pertama kali dibangun sarana dan prasarana ibukota yaitu pendopo, kantor asistén residen, mesjid, penjara, dan alun-alun. Tetapi jika melihat nisan kuburan yang terletak di samping mesjid agung, mesjid ini kiranya dibangun pada tahun 1809 atau bahkan sebelumnya. Ada sebuah tradisi pada masa itu bahwa yang disebut kuburan pasti dibuat di dekat mesjid layaknya mesjid-mesjid di Jawa seperti mesjid agung di Demak dan Banten. Persamaannya dapat dilihat dari tiang-tiang yang ada di hadapan mesjid serta di sebelah kiri dan kanan mesjid.

Berdasarkan catatan di sekretariat DKM Mesjid Agung, perubahan signifikan atas mesjid ini terjadi pada tahun 1979 yang merubah bentuk atap, dari berbentuk lancip diganti memakai kubah dan plat beton. Bentuk kubah ini diubah kembali secara menyeluruh pada tanggal 10 November 1994 dan diselesaikan pada tanggal 25 Agustus tahun 1998.

(sumber: wikipedia dan warga kaum disekitar Mesjid Agung Garut )

2 komentar:

Pages