Menjadi Relawan TIK (teknologi informasi komunikasi)

Memang benar, sampai kapanpun satu manusia dengan manusia lainnya akan tetap dan selalu saling membutuhkan. hal ini pun tidak dapat dipungkiri akan bersinggungan dengan soal memberikan dan menerima "bantuan", lalu dikerucutkan dengan sifat pamrih dan non pamrih, tersiratlah sebuah nilai kerelaan pada hati kecil kita masing-masing.

dan manusia yang "rela" lalu menjadi populer dengan istilah Relawan!, kamu sudah atau pernah menjadi relawan? pasti seringlah..,walaupun tidak harus bergerak bersama-sama secara koloni dan teratur beserta embel-embelnya. menurut literatur yg dikemukakan dalam KMP (konsultan manajemen pusat) bahwa yang dimaksud dengan Relawan adalah seseorang atau sekelompok orang yang secara ikhlas karena panggilan nuraninya memberikan apa yang dimilikinya (pikiran, tenaga, waktu, harta, dsb) kepada masyarakat sebagai perwujudan tanggung jawab sosialnya tanpa mengharapkan pamrih baik berupa imbalan (upah), kedudukan, kekuasaan, kepentingan maupun karier.

kemudian terdamparlah saya pada sebuah site http://relawan-tik.org , dimana ternyata ada juga yang bisa dilakukan oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia IT/ TIK untuk berkesempatan menjadi Relawan!. cukup terorganisir dan teratur, bahkan diklasifikasikan dengan wilayah/daerah seluruh Indonesia, bukan main!

Berikut ini  visi dan misinya seperti yg dilansir dalam situs resminya :
Visi,
Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.
Misi,
    * Internal (mikro) menyiapkan anggota dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan individual maupun kerjasama kelompok guna menyelenggarakan tugas-tugas edukasi sosial, pemberdayaan maupun kegiatan insidental;
    * Organisasional (meso) menjadikan Relawan TIK sebagai sebagai satuan yang mampu bereaksi cerdas, tanggap, bergerak cepat serta bertindak cermat dalam menjalankan tugasnya;
    * Nasional (makro) berkontribusi dan partisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan, kemasyarakatan serta berperan dalam tugas kemanusiaan, dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa Indonesia.

Lalu saya pun meregistrasikan diri dan telah diterima di wilayah Jawa Barat, tapi saya belum bisa menyebutkan bahwa diri saya adalah praktisi ataupun expert di bid. IT/TIK. saya hanya punya sedikit pengetahuan dan rasanya ingin berbagi dengan yg lain sesuai dengan kemampuan yg saya miliki. anda tertarik bergabung? silahkan registrasikan diri di site resminya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages