Kaskus sudah 7 tahun aku jadi kaskuser



rifname.com-Halo gan, ane lagi nih gan....
Agan untuk juragan laki-laki dan aganwati untuk sebutan perempuannya. saya kenal kaskus sejak tahun 2006, termasuk kategori terlambat juga untuk mengetahui sebuah forum terbesar saat itu yang telah berdiri sejak tahun 1999.  motivasinya juga bukan karena ingin nongkrongin forum, tapi mau jual barang saja sih.

Jaman dulu, jual beli online itu masih langka. terbilang terbatas pada kalangan pengguna internet aktif saja yang saat itu belum semarak seperti saat ini. dulu kaskus yang saya kenal masih menggunakan domain dot US, kalau bertransaksi pakai sistem COD alias ketemuan langsung di TKP. atau jika ingin kirim-kirim via jasa pengiriman bisa transaksi via transfer bank atau pakai sistem REKBER.

Pakai sistem REKBER itu adalah solusi untuk meminimalisir tindak penipuan, dimana kita melibatkan pihak ketiga sebagai penerima Dana transaksi yang akan mengatur meneruskan pembayaran dari buyer ke seller apabila seller telah memenuhi kewajiban mengirimkan barang dan harus sesuai dengan apa yang ditawarkan di thread. Bila kita bertransaksi langsung tanpa REKBER keuntungannya adalah lebih cepat untuk seller menerima pembayaran karena tidak ditahan dulu oleh pihak ketiga penyedia jasa REKBER / rekening bersama.

Resikonya, bila si penjual bukan recommended seller apalagi NUBI /newbie dan belum punya riwayat transaksi atau testimoni biasanya buyer lebih memilih mengajak COD jika memungkinkan. diluar kota? ya kalau yakin dan percaya yang terjadi, terjadilah.... akun baru memang banyak sering disalahgunakan walau tidak sedikit juga akun-akun yg sudah berpangkat tinggi pun melakukan tindak penipuan.  masih banyak juga kok NEWBIE yang bertransaksi jujur. tapi secara "transfer ilmu" kita bisa lebih banyak tahu seluk beluk berdagang plus bonus modus operandinya. karakter orang dari yg amatiran sampai pro ada semua. bersyukur bisa ketemu KASKUS. 

Sistem REKBER sekarang diadopsi sama pebisnis online shop ternama saat ini seperti L*****  dan B********  persis REKBER, jadi sistemnya mereka jadi perantara buyer dan seller. mereka memperjual belikan "TRUST". dan itu mahal, so welcome e-commerce!















1 komentar:

  1. kaskus.us kini jadi kaskus.co.id dan semua domain harusnya diborong aja ya

    BalasHapus

Pages