Teman masa lalu, kini dan nanti

Hari Sabtu ini rencananya akan menghabiskan waktu didepan komputer dan merestrukturisasi tampilan blog juga blog institusi yang sedang saya "garap", sehubungan kegiatan hingga saat ini berkecimpung dibeberapa organisasi sosial non profit dan pendidikan maka katakanlah ini adalah kegiatan "amal bhakti" (mengutip ucapan pak Ketua Yayasan) jadi dalam rangka menyeimbangkan pengaplikasian segala potensi dan daya upaya yang dikerjakan, tidak ragu-ragu lagi bagi saya untuk mencurahkan sebagian waktu dan tenaga untuk berinvestasi disebuah "ladang amal" untuk kepentingan dikemudian hari nanti.(mudah-mudahan menginspirasi teman-teman semua.)

Namun, rencana tersebut kurang mulus karena ternyata sabtu pagi yg kita rindukan bersama ini menjadi lain ceritanya bagi saya, dimulai dari sebuah pesan singkat dari rekan sejawat di lembaga pendidikan, "pak, data peserta UN 2011 secepatnya ditunggu Bu Ida" begitulah kira-kira pesan yang diterima, lalu teringat kembali pada pekerjaan untuk merekap dan menyusun data lengkap seluruh siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional 2012, tugas sebagai wakil kepala bid.kesiswaan dan juga merangkap sebagai sekretaris umum di organisasi lembaga pendidikan tersebut terkadang menjadikan diri saya untuk bisa tampil dalam dua "rasa" yang berbeda namun tetap dalam satu "kemasan" yang sama, secara "auto" dilingkungan tersebut mereka para teman sejawat, karyawan dan anak-anak didik seperti memiliki sebuah tombol "switch" untuk memilih "mode" keberadaan saya ketika kami berada pada sebuah situasi interaksi. hingga saat ini tidak ada masalah, yang dirasakan hanyalah rasa syukur yang mendalam bahwa saya dapat diterima ditengah lingkungan tersebut.

Saya bergegas membereskan aplikasi UN yang telah di copy dari CD burning kiriman KKM, penginputan kali ini cukup mudah karena sistem aplikasi tersebut dapat memberikan informasi data siswa berdasarkan nomor SKHUN, jadi intinya jika siswa tingkat jenjang SMA bisa kita dapatkan informasi lengkapnya melalui nomor peserta Ujian Nasional saat siswa tersebut berada di bangku SMP.

Pekerjaan selesai, lepas pukul 14.00 wib. sebuah nomor tak dikenal tampil dilayar handphone pintar . sebuah nomor yang tidak dikenali terlebih juga HLR-nya (Home location register)tidak diketahui asalnya, lalu kami berkomunikasi.. cukup lama, kurang lebih 17 menit berlalu dan disambung kembali kurang lebih sekitar 12 menit lamanya. untungnya kami berada dalam satu provider yang sama, anda tau lah bagaimana kompetitifnya tarif komunikasi selular saat ini.

Setiap panggilan telepon yang masuk ke handphone , rata-rata adalah teman-teman dekat, kerabat atau seprofesi. dan hampir dipastikan telah tersimpan data no.teleponnya di perangkat selular kita masing-masing, juga intensitas komunikasinya pun cukup sering bahkan "selalu". tapi pernahkah anda dihubungi oleh teman lama yang kira-kira kurang lebih 10/11 tahun belum pernah bertemu kembali atau katakanlah "lose contact" dan tiba-tiba muncul diujung telepon?? jika "iya" berarti anda orang yang "special".... percayalah!

Sejujurnya saya tidak ingin megkotak-kotakan pertemanan, tapi kenyataannya pertemananlah yang mengkotak-kotakkan saya :)) karena  tidak akan membahas tentang heterogennya manusia dan teman-temannya, maka dengan ini mari kita menggolongkan kategori seluk beluk dunia pertemanan berdasarkan waktu dimana kami pernah tumbuh bersama dan menghabiskannya bersama-sama pula, terlepas itu pahit dan manisnya atau getir dan hangatnya situasi pertemanan. dalam contact "smartphone' saya ada sekitar 149 nama, 26 nomor family, 22 nomor rekan sejawat saat ini, 13 nomor teman kantor lama, 19 nomor teman semasa kuliah, 3 nomor mantan kekasih :p , 6 nomor rekan bisnis, 11 nomor teman semasa SMA, 9 nomor teman semasa SMP, 6 nomor nomor kantor/lembaga, dan sisanya 34 nomor diluar itu atau uncategory...

Itulah jumlah yang "bertahan" hingga saat ini, semakin menyusut.., jika ada sedikit waktu silahkan urai secara alphabet A to Z list contact yang ada di handphone teman-teman lalu dari sekian banyaknya contact tersebut coba ingat-ingat sebuah nama atau beberapa nama ..dengan siapakah intensitas komunikasi kita yang paling intens? lalu kemanakah teman-teman lama kita dari masa lalu? atau jangan-jangan anda orang yg "terjebak"masa lalu? apakah teman "masa kini" kita sebaik teman "masa lalu"mu? apakah anda punya rencana "menelusuri" seorang teman lama? dan yang paling mendebarkan adalah.."siapa teman-teman kita di masa yang akan datang ??".-

2 komentar:

  1. teman dikala susah itu teman terbaik bro, kungjung balik..

    BalasHapus
  2. aku teman masalalumu dan msh btahan ;)

    BalasHapus

Pages